page contents
 
Yadhi Rusmiadi Jashar 

Duhai, dewala hatiku. Mengapa Dikau mengatakan bahwa menyintai tidak sama dengan menyayangi? Aku cinta kamu. Aku sayang kamu. Adakah yang salah dengan perasaan hatiku? Adakah itu pertanda kau akan menyampakkanku? Menyuci namaku di hatimu? O, kau tak ingin aku menyintaimu. Kau hanya mau aku mencintaimu supaya kau tak mencampakkanku. Lalu, tak pernah ada cerita kau akan mencuci namaku di hatimu.
Di bawah payung bulan, kau berbisik di telingaku, "Sayang, c tidak sama dengan s."

  • Bahwa penulisan yang benar bukan menyintai tetapi mencintai sebab huruf awal /c/ tidak luluh. Menyampakkan dan menyuci juga keliru. Yang benar mencampakkan dan mencuci.


  • Kebiasaan menuliskan kata menyintai, menyampakkan, menyuci, menyicil, dan menyolok merupakan kebiasaan yang salah sebab huruf awal /c/ pada kata cinta campak, cuci, cicil, dan colok tidak mengalami peluluhan ketika bertemu awalan /meN-/. Jadi, bentuk yang benar adalah mencintai, mencampakkan, mencuci, mencicil, dan mencolok. Bagaimana bentuk menyayangi? Bentuk ini sudah benar sebab kata dasarnya berhuruf awal /s/ dan mengalami peluluhan ketika bertemu konfiks meN-i.





Leave a Reply.