page contents
 
Yadhi Rusmiadi Jashar 

petinju <> peninju
petembak <> penembak
petatar <> penatar

Ayo, jangan salah mengintegrasikan kata-kata tersebut dalam kalimat.

o   

Yadhi Rusmiadi Jashar 
Ketiga pasang kata tersebut, sering dipersamakan artinya dan dipertukarkan penggunaannya dalam kalimat. Padahal, Ketiga pasang kata tersebut memiliki makna yang berbeda. ketiganya memang berasal dari kata dasar yang sama, yaitu /tinju/, /tembak/, dan /tatar/. Kata /petinju/ berarti 'orang yang bertinju' dan kata /peninju/ berarti 'orang yang meninju'. Untuk membedakan arti kedua kata tersebut, ada baiknya dicermati dua contoh kalimat berikut.
1. Chris John akan bertanding melawan petinju dari Thailand.
2. Siapakah peninju kepala anak saya?
Kata /petinju/ (Nomina) pada kalimat (1) memiliki arti 'profesi, pekerjaan, atau bidang yang digeluti'. Kata /peninju/ (verba) pada kalimat (2) memiliki arti "orang yang melakukan perbuatan meninju'.
Dengan beranalog pada kata /petinju/, dibentuklah kata /petembak/, /petatar/, /peterjun/, /pegolf/, dan /pebiliar/. Semoga uraian ringkas ini semakin membuat puyeng. hehehe.

o   

Yadhi Rusmiadi Jashar 
Kata /petinju/ dan /peninju/ tidak akan dapat diterangkan pembentukannya jika hanya dilihat dari bentuk dasarnya /tinju/ yang mendapat awalan /pe-/ karena hasil akhirnya akan selalu /peninju/ dan tidak pernah terjadi bentuk /pe-/ + /tinju/ --> /petinju/. Kata /petinju/ dan /peninju/ mengikuti proses pembentukan yang lengkap seperti berikut.
1. tinju -> bertinju -> petinju -> pertinjuan
2. tinju -> meninju -> peninju -> peninjuan

o   

Uum G. Karyanto  
Baik 'petinju' maupun 'peninju' masuk ke dalam kelas kata nomina (kata benda). Silakan cek di KBBI (yang saya miliki edisi tahun 2002), halaman 1198.

o   

Uum G. Karyanto 
Ada cara sederhana untuk memastikan apakah kata tertentu tergolong kata benda (nomina) atau bukan, yaitu dengan menempatkan sebuah kata bilangan (numeralia) yang sesuai. Baik kata 'petinju' maupun 'peninju' bisa diawali dengan kata bilangan seorang, menjadi: 'seorang petinju' dan 'seorang peninju'. Hal ini menandakan kedua kata tersebut dapat digolongkan ke dalam kelas kata benda (nomina).




Leave a Reply.