page contents
 
Mana yang benar dari kata berikut: "Terlanjur" atau "Telanjur"?

Yadhi Rusmiadi Jashar
Sebelum menyatakan bentuk turunan yang benar, ada baiknya kita tentukan dulu bentuk dasar dari kata "telanjur" dan "terlanjur". Kedua kata tersebut diasumsikan memiliki dua bentuk dasar yang berbeda, yaitu "lanjur" dan "anjur". Kedua kata tersebut ada dalam KBBI. Proses pembentukan kata turunannya adalah 1) awalan ter- + lanjur = terlanjur 2) awalam ter- + anjur = teranjur. Jadi, bentuk yang benar adalah "terlanjur" yang berarti melakukan perbuatan dengan tidak sengaja.

ada juga yang berpendapat bahwa yang benar "Telanjur". Karena kata tersebut independen (satu kesatuan yang tidak dipengaruhi oleh sisipan dls.). Sementara "Terlanjur", katanya tidak ada kata dasar "Lanjur". 

Yadhi Rusmiadi Jashar 
Kata "lanjur" (KBBI, 2009: 563) berarti 1) terdorong (ke depan); 2) lanjut; ter.lanjur berati terdorong mengerjakan (mengucapkan) sesuatu dengan tidak sengaja. 
Kata "telanjur" juga ada dalam KBBI (2009: 1026). 
Bagaimana menyikapinya. Menurut saya, hal yang harus dilakukan adalah menyelidiki bentuk tersebut apakah bentuk turunan (artinya ada bentuk dasar) atau bentuk dasar yang berdiri sendiri. 
Pembahasan ini akan menarik jika kita persamakan kasusnya dengan kata "gigi" dan "geligi", "tapak" dan "telapak". Keempat kata tersebut ada dalam KBBI. 
Pertanyaannya, apakah kata "geligi" dan "telapak" merupakan bentuk dasar karena tercantum dalam KBBI sebagai satuan kata yang berdiri sendiri? 
Menurut saya, tidak. Kata "geligi" berasal dari kata gigi yang mendapat sisipan -el- sehingga menjadi kata turunan "geligi" yang berarti banyak gigi. 
Begitu juga kata "telapak" yang berasal dari kata dasar "tapak" + -el- sehingga menjadi kata "telapak". Begitu juga halnya dengan kata "terlanjur". 
Menurut saya, kata "terlanjur" terbentuk dari kata dasar "lanjur" yang mendapat awalan ter- sehingga membentuk kata turunan "terlanjur". 
Bagaimana dengan kata "telanjur"? Bagaimana mungkin dua kata yang berbeda memiliki makna yang sama? Mana yang benar? Jika kita konsisten dengan proses morfologi, saya cenderung membenarkan kata "terlanjur". 



Leave a Reply.