page contents
 
Yadhi Rusmiadi Jashar

Menurut KBBI (2009: 1106), pengertian penyuntingan adalah proses, cara, perbuatan menyunting atau sunting-menyunting sedangkan definisi menyunting adalah 1. menyiapkan naskah siap cetak atau siap terbit dengan memperhatikan segi sistematika penyajian, isi, dan bahasa (menyangkut ejaan, diksi, dan struktur kalimat); 2. merencanakan dan mengarahkan penerbitan (surat kabar, majalah); 3. menyusun atau merakit (film, pita rekaman) dengan cara memotong-motong dan memasang kembali.

Orang yang pekerjaannya menyunting tulisan disebut editor atau penyunting. Untuk menjadi penyunting yang baik, seseorang harus memenuhi persyaratan, yaitu menguasai ejaan bahasa Indonesia, menguasai tata bahasa Indonesia, memiliki ketelitian dan kesabaran, memiliki kemampuan menulis, menguasai satu bidang keilmuan, memiliki pengetahuan yang luas, dan memiliki kepekaan bahasa.
Beberapa hal yang patut memdapat perhatian dalam penyuntingan adalah sebagai berikut.

1. Penyuntingan isi (content editing), sering disebut developmetal substantive, or structural editing; revising; rewriting
~ merevisi atau memindahkan seluruh paragraf atau kalimat;
~ menambahkan material terbaru untuk mengurangi perbedaan dan menghapus material asli yang tidak dianggap tidak bermanfaat;
~ mengorganisasi dan merestrukturisasi isi untuk meningkatkan aliran dan kejelasan bahasa

2. Penataan salinan (copy editing), sering disebut dengan line, mechanical, or stylistic editing;
~ memeriksa ejaan, tata bahasa, tanda baca;
~ memeriksa apakah isi sudah mengikuti ketepatan gaya bahasa atau bagian gaya internal;
~ membuktikan fakta dan mejamin ketepatan/konsistensi bentuk;
~ mengklarifikasi makna dan meningkatkan keterbacaan dengan mengubah pilihan kata dan struktur kalimat.

3. Koreksi cetakan percobaan (proofreading)
~ membaca sampai selesai kopi naskah untuk mengecek kesalahan;
~ memastikan semua perubahan telah tercantum di dalamnya dan tidak ada kesalahan yang tertinggal selama proses penyuntingan.

Masih banyak lagi hal-hal yang berkaitan dengan proses penyuntingan sebuah naskah yang belum terutarakan dalam tulisan singkat ini. Semoga di lain waktu dapat ditambahkan. Semoga pula ada teman-teman yang mau memberi keterangan tambahan berkaitan dengan tugas penyunting (editor) ini.



Leave a Reply.