page contents
 
Apakah kawan-kawan mengetahui perbedaan "bulu" dan "rambut"? Atau kedua kata ini memiliki kesaman arti yang bisa dipertukarkan penggunaannya? Bagi yang mengetahui, mari berbagi.

==================  

Edelwise Ayyesha Tsurayya 

bulu matanya jatuh ke pipi... (gak pake nya lagi, nanti jadi boros)
==================

Efin Gustrizali 

Masalahnya masuk dalam pembahasan relasi makna dan diksi. Dilhat dari relasi maknanya kedua satuan bahasa tersebut ( bulu dan rambut) merupakan satuan bahasa yang bersinonim. Bila dilihat dari diksi, terutama syaratnya, kedua kata tersebut harus memperhatikan syarat kelaziman dalam pemakaiannya.

========================

Humaidi Oke 

Kalau bulu ia bercabang, seperti bulu ayam,bulu itik dan bulu burung,tapi kalu rambut ia tidak bercabang , lurus dari pangkal sampai ke ujung. yang tumbuh dikepala kita dan sepanjang tubuh kita semuanya rambut.selama ini kita salah kaprah dengan menyebut bulu roma atau bulu kuduk, sebab itu semua adalah rambut.

========================

Yadhi Rusmiadi Jashar 

Ayunda Fitri Noviyanti, saya tak bermaksud menguji siapa pun. Sengaja pernyataan dibuat terbuka, agar tercipta ruang dialog di grup ini. Barangkali saja ada pendapat yang berbeda yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Jika saya buat dalam bentuk esei singkat, hasil akhirnya besar kemungkinan hanya berupa pemberian jempol bahkan cenderung akan dilewati saja karena kurang menarik. Percuma kan menulis panjang lebar tetapi ridak mendapatkan apa-apa dari tulisan tersebut karena ridak tuntas dibaca dan dibahas. Akhirnya saya sepakat dengan Dinda Efin Gustrizali, berkaitan dengan relasi makna antara "bulu" dan "rambut". Zgusta juga Ullman, seperti dikutip Chaer mengemukakan bahwa sinonimi adalah dua buah kata yang memilik makna kurang lebih sama. Akan tetapi kesamaannya tidak seratus persen, kesamaannya tidak bersifat mutlak.Dalam prinsip umum semantik apabila bentuknya berbeda maka makna pun akan berbeda, walau pun perbedaannya hanya sedikit. Artinya kata bulu dan rambut memiliki arti yang berbeda dan penggunaannya sesuai dengan kelaziman yang ada. Akan tetapi, dalam banyak buku kesehatan apa yang sering kita sebut "bulu" dilabeli "rambut" oleh penulisnya. Contoh (maaf sebelumnya bukan bermaksud pornografi), apa yang sering kita sebut "bulu kemaluan" ternyata dalam buku kesehatan ditulis "rambut kemaluan". Merujuk pada KBBI, arti "bulu" dan "rambut" kurang lebih berarti sama.

============================

Jasuma Jsm 

Kutipan dari KBBI:

bulu
bu·lu n 1 rambut pendek dan lembut pd tubuh manusia (bukan di kepala) atau binatang: -- kaki; -- kucing; 2 struktur lapisan luar kulit yg membentuk penutup tubuh bangsa unggas; kumpulan rambut banyak dan bertangkai spt pd unggas: -- ayam; 3 serabut halus pd tumbuh-tumbuhan; miang: -- padi; -- daun;bertukar (berganti) -- , 1 luruh bulunya dan berganti bulu baru; 2 ki berganti pendirian (sikap, dsb); memilih (memandang) -- , ki melihat kedudukan (keturunan) orang; memperlihatkan -- , ki memperlihatkan maksud (keadaan) yg sebenarnya;

rambut
ram·but n 1 bulu yg tumbuh pd kulit manusia (terutama di kepala); 2 apa saja yg panjang dan halus menyerupai rambut (spt akar --; kawat --; per -- );-- sama hitam, hati masing-masing, pb setiap orang mempunyai pendapat (kemauan) masing-masing; bagai -- dibelah tujuh (seribu), pb sedikit (kecil) sekali; sakit kepala panjang -- , pb pura-pura sakit kepala; termakan di -- , pb amat susah; bergantung pd -- sehelai, pb berada dl keadaan yg sangat sulit (bahaya).




Leave a Reply.